Selasa, 21 Januari 2014

Hamster Homo Serakah 2



                “Za, aku mau minggat”, kata Hams, hamster peliharaanku
                “Minggat lagi ?tapi  Hams, …”, kataku yang belum selesai karena Hams menyelaku
                “Munyu !”, teriak Hamsterku yang tak mau kupanggil dengan nama permberianku “Hams” dan     ia ingin dipanggil “Munyu”. Kata Hams, nama “Munyu” mempunyai sejarah tersendiri yang amat berarti menurutnya. Tapi aku sering lupa menyebutnya “Munyu” karena menurutku nama tersebut amatlah tak pantas untuknya yang suka menggerutu, sensitive, serakah dan … homo.
                “Iya, Munyu..tapikan Hams.. eh, maksudku Munyu, kan kemarin kamu baru balik dari ‘keminggatanmu’ karena kamu lapar terus balik deh ke rumahku”, sambungku
                “Tapi za, sekarang aku beneran mau minggat !”
                “Yaudah, minggat sana !!paling-paling 3 jam lagi kamu balik”
                “Yaudah !”
                “Yaudah !”
Hams berjalan meninggalkanku tapi sepertinya ada yang janggal
“Hams, pintunya di kanan.Koq kamu kesana ?”
“Munyu !aku mau ambil bekal !!”
“Bekal ?”
“Hmm”
“Hams..eh, Munyu, kamu beneran mau minggat ? ini dah ke-17 kalinya lho dalam seminggu kamu minggat-minggat kaya gini. Kamu nggak kasihan sama Itos ?”
“Karena Itoslah aku mau minggat, za !!”, jawab Hams
“Yaudah, aku pergi dulu !!Jangan halangi aku, za..”, sambung Hams setelah selesai mengambil semua makananku di kulkas
“Silakan..”
Hams berjalan menuju pintu tapi ia berhenti sejenak dan berkata,      “Kamu nggak mau halangi aku za ?”
“Enggak”
“Yaudah !”
“Yaudah”
“Aku pergi !”
“Yang lama ya !!”

                                                                …..
Sedang hujan di luar sana, dengan segera kupakai mesin  espressoku untuk membuat double espresso yang nikmat. Saat aku memanaskan Porta Filternya, seekor nyamuk bernama Itos menghampiriku dan terbang berputar-putar deka twajahku.Suaranya senantiasa berdengung di telingaku membuatku tak tahan untuk tak mengacuhkannya.
“Apa ?”, tanyaku
“Kau lihat Hams ?”
“Dia minggat”
“Lagi ??”
“Hmm”
“Keterlaluan tuh binatang !!”, gerutu Itos pelan tapi aku masih bisa mendengarnya
“Kenapa ?”
“Hams menipuku !”
“Menipu ?Gimana ceritanya?”
Itos menceritakan kronologi kejadiannya.Tiga hari lalu, Hams berkata kepadanya bahwa ia berjanji akan memberikan banyak jus darah segar kepada Itos jika Itos memberikan uang pada Hams, Tapi sudah 3 hari Hams tak kunjung memberikannya. Itos selalu menagih kepada Hams tapi Hams selalu saja mempunyai alasan.
“Ya dah..paling nggak lama Hams minggatnya”
“huh.. Entahlah..sekarang aku lapar. Di kulkas ada apa aja za ?”, tanya Itos
“Makanannya ludes dilalap oleh keserakahan Hams”
“Binatang itu.. !!ya dah, aku pergi cari makan dulu !”
Double Espressoku sudah jadi.Dengan segera aku duduk di teras dan menikmatinya sambil mendengarkan alunan “Kiss me, Close your eyes”-nya Diana Degarmo. Sungguh nikmat menikmati sore hari di teras ditemani double espresso dan alunan lagu yang pas.Aku sangat menyukai bau campuran air hujan yang menghantam tanah.Sampai pada akhirnya, aku melihat sesosok bola bulu yang bulunya basah karena hujan dan muka memar di sana-sini yang setelah kusadari ternyata Hams.
“Kenapa kamu ?”, tanyaku
“Nggak apa-apa”
“Nggak apa-apa gimana ?jelas-jelas kamu udah kaya landak tanpa duri yang dikeroyok tikus got terus dicemplungin ke got yang kotornya minta ampun, kamu bilang nggak apa-apa ??”
“Za !!Aku nggak apa-apa..Cuma kepleset”
“Ada..kepleset sampai memar gitu ?? Cerita !!”
Hams bercerita jika ia telah ditodong oleh tikus-tikus got yang berlagak seperti preman dan mengambil seluruh bekalnya. Lalu ia bertemu dengan kucing yang memukulnya sampai babak belur  karena kucing itu mengira ia adalah tikus yang biasa menjahilinya. Lalu ia berhenti sejenak untuk istirahat sampai tertidur dan ia terbangun karena merasa sakit seperti ditusuk jarum yang ternyata ia dikerubungi nyamuk-nyamuk yang rakus yang menghisap darahnya sampai pada akhirnya ia ditolong oleh Itos yang kebetulan lewat untuk mencari makanan.
“Makanya..Jangan menipu !!masa kamu tega sih nipu temen sendiri ? yaitulah akibatnya… pake acara minggat-minggatan segala lagi..”
“Kamu tahu tentang itu za ?”
“Tahulah..Apasih yang nggak aku ketahui ?”
“Kamu nggak tahu kan kalo aku sebenarnya suka sama kamu za..”, kata Hams
Aku tersanjung mendengarnya sampai aku merasakan ada yang janggal
“Hams..bukannya kamu homo ya ? koq suka sama aku ?”
“Lhoh..Kamu perempuan za ??aku kira laki-laki..”
“Haaammss !!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar